Senin, 24 September 2012

Perangkat Input

Keyboard

Keyboard adalah salah satu input yang cara kerjanya dengan cara mengetik kata,simbol, dan angka yang berada di dalam nya untuk di tampilkan di dalam monitor . ada beberapa jenis keyboard yaitu :
Keyboard QWERTY
keyboard qwerty ini sangat lazim di temukan saat ini malah paling banyak di pake ,namanya diambil dari huruf paling atas sebelah kanan ,dibagian kiri ada key number khusus untuk memudah kan dalam mengetik angka . akan tetapi beban tangan kiri yang digunakan lebih besar dari tangan kanan.
Keyboard DVORAK

Keyboard DVORAK (1932), keyboard ini didesain agar mempercepat dalam mengetik terbukti presentasi kecepatan nya lebih cepat 10-15% dari keyboard qwerty .
Keyboard KLOCKENBERG
Keyboard yang mempunyai 2 bagian ini di buat agar lebih nyaman dalam mengetik dan meperingan beban otot ketika mengetik akan tetapi makan tempat .
Keyboard Maltron
keren sih bentuk keyboard nya hanya menggunakan 8 jari lagi.desain nya yang beradaptasi dengan posisi t5angan ini di calim dapat menghindari repetitive stress injuries 
Keyboard Chord
Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi namun kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan. Berikut ini jenis-jenis keyboard chord:
Keyboard Palantype
agak aneh sih sekarang dengan keyboard palantype ini karena jarang ditemukan ,ada 3 bagian dari keyboard ini. Kelompok pada bagian kiri menunjukkan konsonan awal sebuuah kata, bagian tengah menunjukkan kelompok vokal dan bagian kanan menunjukkan kelompok konsonan terakhir dari sebuah kata atau suku kata.Pada gambar terlihat bahwa tidak seluruh konsonan ada disana, konsonan tsb dapat disajikan dengan menggunakan kombinasi beberapa tombol yang ada
Keyboard Stenotype
Keyboard stenoini biasanya digunakan wartawan  mirip dengan keyboard alphabetik
Keyboard Alphabetik
Sama seperti keyboard qwerty akan tetapi ini lebih ke urutan alphabetik , menurut penelitian akan memperlambat proses pengetikan
Keyboard Numeric
biasanya ada di samping kanan keyboard qwerty , tetapi ini khusus nya tanpa ada huruf

Mouse

Mouse adalah perangkat input yang berguna untuk mengklik ,ngedrag dan menggerakan pointer 
Iberikut jenis jenis mouse

Mouse Serial



Mouse mungkin ada sebagian temen-temen udah memakainya atu juga belum sama sekali, ya bisa di bilang sudah jarang sudah jarang dipakai oleh masyarakat umum.Biasanya mouse ini digunakan pada computer Pentium 1 dan Pentium 2.

Mouse PS/2


Mouse yang digunakan pada computer Pentium 3 dan Pentium 4mungkin temen-temen udah sering memakainya atau sudah tidak asing lagi.

Mouse USB


Mouse yang sudah umum digunakan oleh masyarakat luas.Digunakan pada computer Pentium 3 dan 4.


Mouse Wirelle
Mouse terbaru tanpa kabel.Kini Mouse Wireless sudah meluas dikalangan masyarakat.
Mouse Optic



Mouse ini tidak menggunakan bola untuk menunjuk pointer melainkan menggunakan sinar laser yang berwarna-warni.

Trackball 
trackball biasa nya digunakan sebagai pengganti mouse 

          

Gambar trackball          





                                                   



Scaner

SCANNER

Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, 


Gambar scanner
 Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode

Gambar scanner barcode
Joystik


Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat stir, dan stick , sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar